Sabtu, 29 Oktober 2011

TNI BANGUN LAPANGAN TEMBAK TENTARA KONGO


TNI BANGUN LAPANGAN TEMBAK TENTARA KONGO

PUSPEN TNI (19/9),-  Satgas Kompi Zeni TNI Kontingen Garuda XX-H pimpinan Letkol Czi Widiyanto, baru-baru ini selesai membangun lapangan tembak senapan yang akan digunakan sebagai tempat latihan menembak, baik oleh tentara lokal Kongo/FARDC (Forces Armed Republic Demokratic of Congo) maupun oleh tentara internasional PBB yang tergabung dalam misi MONUSCO (Misi Stabilisasi Perdamaian di Republik Demokratik Kongo) yang bertugas di wilayah Dungu, bagian timur Negara tersebut. Pembuatan lapangan tembak senapan tersebut atas permintaan Komandan Komando Operasi wilayah (Ops zone Comd) Rudia FARDC Kolonel  Bruno Mandevu ke MONUSCO mengingat belum tersedianya tempat latihan menembak di wilayahnya. Brigade Ituri/MONUSCO yang membawahi wilayah timur Kongo menugaskan Kontingen Indonesia sebagai satu-satunya kekuatan Zeni di wilayah Dungu untuk menyelesaikan tugas tersebut, termasuk dalam penyusunan SOP-nya (Standard Operational Procedures) sebagai prosedur tetap dalam penggunaannya.            

Di bawah pimpinan Perwira Konstruksi Satgas, Lettu Czi Barata, lapangan tembak sepanjang 150 meter dan lebar 60 meter itu dikerjakan dengan berbagai alat berat engineering seperti grader, dozer, dan excavator yang memang dibawa dari Indonesia sebagai peralatan wajib bagi sebuah kekuatan Zeni. Walaupun banyak kendala yang dihadapi di lapangan seperti hujan dan kondisi tanah yang berlumpur, tapi pekerjaan itu mampu diselesaikan dalam waktu satu bulan, sesuai target yang diberikan oleh Satuan Atas dengan hasil yang memuaskan, termasuk tanggul pengaman setinggi 8 meter dan tebal 15 meter yang mengelilingi lapangan tembak itu.            

Saat ini, Satgas Kompi Zeni Indonesia yang bertugas di Kongo berkekuatan 175 personel memiliki kemampuan yang lengkap sebagai sebuah satuan  Zeni seperti konstruksi, dekstruksi, dan Jihandak (penjinak bahan peledak) untuk melaksanakan tugas pemelihara perdamaian di bawah bendera PBB. Disamping tugas pokoknya merehabilitasi rute jalan di wilayah timur Kongo, Satgas Konga XX-H juga mempunyai tugas-tugas lain seperti perawatan Runway dan Helipad di Dungu serta memberikan bantuan-bantuan tekhnik kepada kekuatan militer dan sipil MONUSCO yang bertugas di wilayah Dungu, termasuk lapangan tembak tersebut.     

Di tempat lain, Konga XX-H juga sudah selesai membuat camp untuk Jordan Special Force yang berkapasitas satu Kompi Pasukan Khusus. Pasukan tersebut akan difungsikan  untuk memperkuat pengamanan Pemilu di wilayah Dungu yang rencananya akan digelar serentak di Kongo pada bulan November yang akan datang. Saat ini Dungu, tempat dimana Konga XX-H berada masih tergolong sebagai red zone (zona merah) yang memerlukan antisipasi pengamanan ekstra menjelang Pemilu.

1 komentar:

Achmat Hanafi Mawanda on 19 September 2011 04.01 mengatakan...

Okelah maju TNI...

Poskan Komentar

 

SOLDIER Blogger Templates Designed by productive dreams | Free Wordpress Templates. presents HD TV Watch Futurama Online. Featured on Singapore Wedding Cakes. © 2011