Senin, 19 September 2011

SEMPU MELAKSANAKAN LUGGAGE CHECK AND CARGO UNTUK KONTINGEN SPANYOL


SEMPU MELAKSANAKAN LUGGAGE CHECK AND CARGO UNTUK KONTINGEN SPANYOL 


PUSPEN TNI (19/9),- Sesuai UNIFIL Movement Order 25/11 tanggal 09 September 2011, SEMPU mendapat perintah untuk melaksanakan Escort Spanish Contingent yang akan dilaksanakan dalam 4 tahapan rotasi yaitu pada tanggal 17, 19, 22, dan 24 September 2011, dimana untuk setiap pelaksanaan rotasi tersebut akan didahului dengan pelaksanaan Luggage Check and Cargo (pemeriksaan bagasi dan kargo).

            Untuk pelaksanaan pemeriksaan bagasi dan kargo yang pertama dilaksanakan pada hari pertama rotasi yaitu tanggal 17 September 2011, SEMPU mengirimkan Danton MP Kapten Cpm Iwan P. Irawan bersama Charlie Tim (Serda Ridwan dan kawan-kawan) untuk melaksanakan tugas tersebut. Pemeriksaan yang pertama kali dilakukan adalah pemeriksaan kargo milik Kontingen Spanyol yaitu untuk  barang-barang senjata dan munisi mereka serta perlengkapan kantor dan perorangan yang berada dalam 15 kotak kecil, semuanya masuk ke dalam 1 buah kontainer dan kemudian langsung disegel oleh petugas SEMPU dengan disaksikan oleh GUCI (Guardia Civilia-Spanish MP) Ssgt Cano Vilar. Berikutnya adalah pemeriksaan bagasi oleh SEMPU dan GUCI membantu, karena sebagian besar dari prajurit Spanyol tidak semuanya dapat berbahasa Inggris, sehingga bantuan mereka diharapkan untuk dapat menterjemahkan apa saja yang diminta untuk dijelaskan kepada petugas SEMPU. Uniknya pelaksanaan pemeriksaan bagasi dan kargo pada Kontingen Spanyol adalah hadirnya 2 ekor anjing Gembala Jerman milik K-9 Spanbatt untuk melaksanakan pelacakan terhadap barang-barang terlarang yang tidak dapat diperiksa oleh manusia seperti bahan peledak dan obat-obatan terlarang.

            Kegiatan yang memberikan pengalaman cukup berharga bagi SEMPU di Kontingen Spanyol ini, tampaknya perlu dijadikan pertimbangan sendiri bagi SEMPU, apakah pada saat mendatang SEMPU dapat diperlengkapi dengan anjing-anjing pelacak seperti K-9 milik Spanbatt tersebut, karena memang tugas yang diperlukan oleh SEMPU sepertinya akan membutuhkan anjing-anjing seperti itu terutama pada saat melaksanakan Luggage Check and Cargo ataupun tugas-tugas investigasi kriminalistik. GARUDA!

0 komentar:

Posting Komentar


 

SOLDIER Blogger Templates Designed by productive dreams | Free Wordpress Templates. presents HD TV Watch Futurama Online. Featured on Singapore Wedding Cakes. © 2011